Fakta dan Hal Menarik dari Kehidupan Sosial Keluarga di Inggris

kehidupan keluarga di Inggris Single parent di Inggris meningkat dari 18 % menjadi 29 % antara tahun 1971 hingga 2002. Ini merupakan perubahan sosial yang mendasar selama abad ke-20.  Bagaimana mungkin kita membangun sebuah keluarga tanpa seorang ayah atau tanpa kasih sayang seorang ibu. Jumlah warga Inggris yang tidak menikah atau tidak berniat menikah namun hidup bersama cukup banyak. Diperkirakan akan ada banyak orang tua berumah tangga tunggal atau yang tidak menikah daripada orang tua yang menikah. Lima puluh tahun lalu ini mungkin menjadi hal yang tidak bisa diterima di Inggris., namun kini itu terjadi. 

Kini pandangan orang mengenai pernikahan berubah. Di masa lalu, orang akan menikah dan terus membangun kehidupan keluarga dalam ikatan pernikahan hingga akhir hayat. Bahkan bercerai saja sulit karena mahal dan butuh waktu yang lama. Banyak pasangan di Inggris, khususnya mulai dari usia 20 tahun atau 30 tahun-an hidup bersama (cohabit) tanpa menikah. Hanya sekitar 60% dari pasangan-pasangan ini yang akhirnya akan menikah.

Pada tahun 2000, ada sekitar seperempat dari yang belum menikah antara usia 16 dan 59 tahun hidup bersama tanpa menikah. Mereka pun melahirkan putra-putri tanpa pernikahan. Sekitar 40% anak-anak  di Inggris lahir dari orang tua yang tidak menikah. Padahal di masa lalu sebelum tahun 1976, ini sangat tidak biasa dan orang tua akan melahirkan anaknya setelah menikah.

Masyarakat Inggris biasanya akan menikah pada usia lanjut. Banyak juga wanita disana yang tidak ingin lekas memiliki anak. Sebagian besar lebih memilih berkonsentrasi pada karir atau pekerjaan dan hanya akan memiliki bayi sampai akhir usia 30 an. Diduga kuat, ini disebabkan oleh banyaknya pernikahan berakhir dengan perceraian.

Keseharian Keluarga

Beberapa keluarga terbiasa bangun jam 7 pagi. Pada sebuah keluarga normal (terdiri dari ayah, ibu dan anak) umumnya mereka akan sarapan pagi bersama pukul 8 pagi. Anak-anak akan sarapan sereal dan segelas susu. Beberapa menu sarapan yang disukai seorang ayah adalah buncis, daging (babi), tomat, jamur, telur dan sosis. Mereka akan pergi dari rumah pukul 08.30 pagi untuk bekerja dan sekolah. Seorang ibu biasanya akan menjemput anaknya dari sekolah pukul 3 sore dan seorang ayah tiba di rumah pukul 6 sore.  Mereka akan mulai makan malam bersama di rumah pukul 06.30 malam. Mungkin beberapa keluarga akan berbeda.  Di akhir pekan atau hari sabtu mereka akan pergi ke pasar terbuka dimana banyak orang-orang membeli sayuran, buah-buahan, pakaian, mainan dan lainnya. Sepanjang jalan barang-barang adalah ‘for sale’ atau untuk dijual.


Apa Binatang Peliharaan yang Banyak Dimiliki Di Inggris ?

Banyak masyarakat Inggris yang memiliki hewan peliharaan dan Inggris cukup terkenal dengan pecinta hewan. Ada sekitar 50 % keluarga di Inggris yang memiliki binatang peliharaan. Beberapa hewan yang umum adalah ada sekitar 18 juta ikan mas, 7,7 juta kucing, 6,6 juta anjing dan lainnya dipeliharan oleh warga Inggris di rumahnya.

Hewan peliharaan masyarakat Inggris

Bagaimana Cara Warga Inggris Menghabiskan Waktu Luang Mereka ?

Berdasarkan hasil survey terkahir Eropa, bahwa  45% mereka menghabiskannya untuk menonton TV, 24% beraktivitas sosial, 22-23% berolahraga dan melakukan hobinya dan 10% beraktivitas lainnya.

Apa yang Dilakukan Orang-orang di Akhir Pekan ?

Di hari sabtu umumnya orang-orang akan sibuk pergi belanja bersama keluarga mereka. Sementara hari minggu merupakan hari yang special bagi warga Inggris. Mereka akan beribadah pada hari itu dan beristirahat. Mulai dari pergi ke Gereja dan berkebun atau melakukan aktivitas lain di rumah. Namun warga Kristen Inggris yang pergi ke Gereja secara rutin hanya sedikit. Beberapa dari mereka lebih memilih menghabiskan waktu bersama keluarga dibanding beribadah.

cara warga inggris menghabiskan akhir pekan


Nah itulah, beberapa contoh kehidupan sosial di Inggris. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis dengan mengacu pada sumber terpercaya. Cukup unik juga ya ketika melihat kehidupan sosial di berbagai negara. Mereka memiliki kehidupan yang unik dan beberapa sangat berbeda dengan kita di Indonesia. Yang jelas, kita harus bisa memfilter mana hal baik dan mana hal negatif, yang positif bisa kita contoh dan yang negatif kita antisipasi agar tidak terjadi di negara kita. Cheerio !

resources.woodlands-junior.kent.sch.uk
pixabay.com (sumber gambar)
en.wikipedia.org (sumber gamnar)

0 Response to "Fakta dan Hal Menarik dari Kehidupan Sosial Keluarga di Inggris"