5 Kota Terbesar di Perancis dengan Ciri Khasnya

Paris,Marseille, Lyon, Toulouse dan Nice merupakan 5 kota terbesar di Perancis, seperti dimuat di situs genames.com.  Perancis juga memiliki banyak tempat wisata kota yang indah. Paris hanya salah satu kota paling menarik di Perancis dari puluhan kota yang ada.

Langsung saja ini dia 5 kota terbesar di Negara Perancis :

1.  Paris

Sebagai pusat ekonomi, politik dan budaya, kereta api bawah tanah di Paris merupakan yang sangat baik (disebut Metro). Ada sekitar 2,15 juta orang tinggal disana. Namun, itu belum dihitung pinggiran kotanya. Paris merupakan ibu kota Perancis sekaligus kota terbesar di negeri tersebut. 

Mengalir Sungai Seine yang terbagi menjadi dua bagian “Left Bank” dan “Right Bank”. Tahukah anda ? 20% orang-orang yang ada disini adalah berasal dari luar Perancis. Beberapa tempat tujuan wisata di Kota ini diantaranya The Eiffel Tower (Menara Eiffel), The Louvre, Musee d’Orsay, Moulin Rouge, Champs-Elysees, Notre Dame de Paris serta The Basillica of Sacre-Coeur.

kota paris

2. Marseille

Kota ini merupakan kota paling tua di Perancis yang didirikan pada 600 sebelum Masehi oleh pelaut Yunani. Marseille memiliki pelabuhan komersial terbesar di Perancis dan menjadi kota terbesar kedua berdasarkan jumlah penduduknya. Namun dari segi ukuran, kota ini terbesar ketiga di Perancis. Marseille juga telah menjadi ibu kota administrative. 

Jangan salah, Marseille juga memiliki tempat tujuan wisata yang menakjubkan. Beberapa diantaranya yaitu Basilique Notre-Dame de la Garde, Basilique saint-Victor, Vieux Port (Old Harbor), Le Panier (Old Town), MuCEM (Musee des Civilisations de l’Europe et de la Mediterranee), Chateau d’lf, Musee dHistoire de Marseille (History Museum), Vieille Charite, Cathedrale de la Major, Cours Belsunce to Place de Castellane dan masih banyak lagi.

MuCEM (Musee des Civilisations de l’Europe et de la Mediterranee)

3. Lyon

Populasi Kota Lyon adalah sekitar 4,5 juta jiwa pada tahun 2012. Lyon merupakan kota yang terletak di tenggara Perancis yang hari ini menjadi kota metropolis terbesar kedua di negara ini. Lyon terletak antara Rhone dan Saone sekitar 150 kilometer dari barat perbatasan Italia.

Kota ini merupakan kota perdagangan, pariwisata, hiburan dan perindustrian yang besar. Lyon juga dikenal sebagai pusat coklat dan es krim. Anda yang kebetulan hendak berlibur ke Perancis, jangan lupa bahwa setiap malam tahun baru akan diadakan pesta cahaya laser di sini, so berlibur saat menjelang tahun baru menjadi waktu paling tepat.

Festival Cahaya di Kota Lyon

4.  Toulouse

Tahukah anda ? bahwa banyak mahasiswa dari seluruh dunia yang belajar di unviersitas kota ini. Toulouse juga merupakan tempat yang indah untuk didiami dan berwisata. Kota Pink merupakan julukannya karena banyak rumah dari bata merah yang berwarna merah muda tatkala matahari terbenam.

Kota Toulouse terletak di barat daya Perancis di tepi Sungai Garonne. Di Eropa kota ini merupakan salah satu dengan pertumbuhannya yang paling pesat. Markas Airbus juga berada di sini karena memang kota ini adalah basis industri penerbangan. 

Pabrik Airbus di Toulouse

5. Nice

Kota ini adalah pusat turis utama dan resort nomor wahid di Riviera Perancis. Nice memiliki banyak pantai dan beriklim Mediterania panas. Ratu Victoria pernah berkunjung beberapa kali ke kota ini. Di akhir abad ke-18, para pengunjung kaya dari Inggris datang ke Nice karena keindahan dan kehangatan iklimnya. 

Dengan kapasitas hotel terbesar kedua di Perancis, Nice menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi. Ada sekitar 4 juta wisatawan yang datang setiap tahunnya.  

Kota Nice Perancis
Itulah 5 kota terbesar di Perancis. Tata kota yang indah seperti dikebanyakan negara Eropa lainnya menjadi daya tarik bagi wisatawan Asia, khususnya Indonesia. Bonne voyage !

Fajar M


Pustaka :

simple.wikipedia.org
id.wikipedia.org
commons.wikimedia.org

0 Response to "5 Kota Terbesar di Perancis dengan Ciri Khasnya"