Perjalanan Sejarah Negara Inggris di Britania Raya

Perjalanan Sejarah Negara Inggris - Barangkali ini merupakan sebuah negara kecil di tepi Eropa. Namun Inggris tidak pernah menjadi bagian yang terpinggirkan dalam sejarah. Selama ribuan tahun, berdatangan penjajah dan pendatang yang menetap dan menandai eksistensi mereka. Hasilnya, tumbuh lanskap inggris berpola budaya dan bahasa yang dinamis berbentuk bangsa dan terus berkembang hingga saat ini.

Bagi para pengunjung, warisan bersejarah yang mengesankan adalah daya tarik utama Inggris. Semuanya mulai dari Stonehenge dan Tembok Hadrian hingga Katedral Canterbury dan Tower of London, melalui ratusan kastil.

ZAMAN ES

Zaman es datang dan pergi, permukaan air laut naik dan turun menyebabkan pulau yang sekarang disebut Inggris sering menyatu dengan daratan Eropa. Pemburu dan pengumpul melintas jembatan tanah, bergerak ke utara sebelum es mencair dan kembali ke iklim yang lebih hangat tatkala gletser memburuk.

Inggris di Zaman Es
Ice Age
Sekitar 4000 tahun sebelum Masehi tibalah sekelompok imigran dari Eropa. Mereka datang bukan untuk berburu dan berpindah-pindah, mereka menetap di suatu tempat dan mulai bercocok tanam -  erutama di daerah bukit kapur terbuka seperti Downs Selatan dan Salisbury Plain di Selatan Inggris. 

Sepanjang lahan-lahan ini para pemukin membangun gundukan pemakaman. Tetapi mungkin warisan paling abadi mereka adalah lingkaran batu besar Avebury dan Stonehenge yang masih terlihat jelas saat ini.

Orang-orang Celtic yang awalnya bermigrasi dari Eropa Tengah telah menetap di banyak kepulauan Inggris sekitar 500 SM. Populasi Inggris-Celtic berkembang yang terkadang sering dikenal 'Inggris kuno'- dibagi menjadi sekitar 20 suku berbeda.

IMPERIUM ROMAWI

Masa selanjutnya adalah masuknya kekaisaran militer klasik terbesar yaitu Roma.  Sektiar 80 Masehi provinsi Britania dengan tegas berada dibawah kekuasaan Romawi. Tentu kaum pribumi sempat melakukan banyak perlawanan terhadap kendali Romawi.

Garis utara yakni Kaledonia (yang kemudian menjadi Skotlandia) merupakan tanah yang dikuasai oleh Romawi. Selama hampir 300 tahun wilayah tersebut menandai batas utara Kekaisaran Romawi.  Hari ini kita bisa melihat bagian cerita tersebut dari Tembok Hadrian yang merupakan salah satu situs bersejarah paling terkenal di Inggris.

Imperium Romawi pun berakhir dan banyak meninggalkan orang-orang campuran Romawi-Inggris. Populasi Roma-Inggris mendomiasi kota-kota sementara Celtic-Inggris tetap mendiami daerah pedesaan.

Disamping itu adanya Romawi telah memperkenalkan aspek budaya agama baru yaitu Kristen dan diaku tahun 313 M oleh Kaisar Constantine. Akhir kekuasaan Romawi di Inggris yaiut pada tahun 410 M.

Ketika kekuasaan Romawi memudar, beberapa abda berikutnya disebut sebagai Abad Kegelapan
(perdagangan menurun, kota-kota ditinggalkan).

BANGSA SAXON DARI JERMAN


Mulailah Saxon-suku Teutonik dari tanah yang sekarang kita sebut Jerman, merumput di tanah bekas Kekaisaran Romawi. Pada akhir abad k-6 banyak daerah yang sekarang kita sebut Inggris didominasi Anglo-Saxon.

Akhirnya, Anglo-Saxon dipaksa mundur ke tepi kepulauan Inggris karena diduga kafir. di Tahun 597 dikirimlah misionaris ke Inggirs untuk menumbuhkan kembali minat dalam iman.

ERA VIKING

Inggris lagi-lagi dihantam kedatangan suku Viking yang menyerang secara beringas. Pedang besar, helm bertanduk, penjarahan dan perkosaan merupakan gambaran klasik sejarah tersebut. Namun menurut beebrapa sumber banyak orang-orang Viking yang nyatanya menetap untuk tujuan hidup yang baik di Inggris. Warisan mereka terlihat di bagian Inggris Utara. Gelombang utama orang-orang
Viking di Sejarah inggris
Illustration of Viking looks like
Viking sendiri berasal dari Denmark. Munculah Alfred yang banyak dibicarakan sebagai raja Inggris. orang Anglo-Saxon pun merasa telah benar-benar bersatu. Alfred pun telah mengumpulkan pasukannya dan mendorong Viking kembali ke utara.

Raja silih berganti, Inggris pun didominasi entitas bahasa Inggris yang terus tumbuh di Asia dan Amerika. Perang Kemerdekaan Amerika (1776-1783) memaksa Inggris menarik diri dari  panggung dunia untuk sementara waktu. Penguasa Prancis Napoleon pun sempat mengancam untuk menyerang Inggris

ERA INDUSTRI

Tanah Inggris pun menjadi wadah dari Revolusi Industri. Listrik tenaga uap (dipatenkan oleh James Watt pada tahun 1781) dan uap kereta (diluncurkan oleh George Stephenson 1830) mengubah metode produksi dan transportasi.

Revolusi Industri Inggris sejak abad ke-18 menjadikan negara ini sebagai negara industri pertama di dunia. Royal Society Inggris sangat berperan dalam meletakkan dasar-dasar sains eksperimental terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

IMPERIUM BRITANIA

Tahun 1897, Imperium Britania atau Kekaisaran Inggris merupakan imperium paling luas dalam sejarah dunia dan menjadi kekuatan utama di dunia.

Populasi Imperium Britania mencakup sekitar 458 juta orang pada tahun 1921 atau sekitar 1/4 populasi dunia, yang membentang seluas 36 juta km² lebih.

Meskipun daerah-daerah tersebut telah berkembang menjadi negara Persemakmuran, nyatanya pengaruh Britania selalu melekat kuat di seluruh belahan dunia, seperti praktik ekonomi, hukum, sistem pemerintahan, masyarakat, olahraga dan sebagainya.

PERANG DUNIA 1

Di Benua Eropa, 4 kekuatan militer (Rusia, Austri-Hungaria, Turki dan Jerman) digegerkan oleh pembunuhan Archduke Ferdinand di Sarajevo tahun 1914 yang memicu bentrokan  yang sekarang kita kenal sebagai Perang Dunia I. Sekitar 1 juta warga Inggris pun meninggal akibat perang ini.

PERANG DUNIA II

Di daratan Eropa yaitu Jerman muncul sosok Adolf Hitler yang banyak ditakutkan memicu perang besar kembali. Meski adanya pertemuan dengan Hitler yang berjanji tentang perdamaian di era tersebut, itu tidak digubris olehnya dan Jerman menginvasi Polandia dibawah tandukan Hitler. Inggris pun berperang sekali lagi dengan Jerman.

Pertengahan 1940 sebagian besar Eropa dikontrol oleh Jerman. Di Rusia, Stalin telah merundingkan kesepakan damai. Amerika Serikat pun bersikap netral.

Sejarah Inggris di perang dunia 2
World War II
Namun tahu 1941 Amerika Serikat memutuskan ikut mendukung Inggris memasuki  medan perang. Lantas Jerman terhenti di depan timur melawan Rusia. Pada tahun 1944 Jerman akhirnya mundur, sementara Inggris dan Amerika Serikat seolah telah menjadi penguasa langit. Pada tahun 1945 Hitler telah mati dan negaranya hancur. Dua bom atom menandai penyerahan Jerman (sekutu Jepang) dan akhir dari Perang Dunia II yang mengerikan.

INGGRIS RAYA

Meski Inggris menang besar, namun satu per satu koloni mereka seperti India dan  Pakistan (1947), Malaysia (1957) dan Kenya (1963) telah merdeka.  Inggris sendiri kini merupakan sebuah negara kepulauan yang bersistem monarki konstitusional. Wilayah inti dari Inggris Raya terdiri dari 4 bagian yaitu, Wales, Skotlandia, Irlandia Utara dan Inggris (England). Wilayah lain yang dimiliki Inggris di seberang lautan yaitu Gibraltar, Kepulauan Pitcaim & Kepulauan Falkland.

Last Words

Nah itulah, seputar perjalanan negara Inggris yang cukup membuat kita bilang "wow". Sangat hebat sekali. Kita perlu mencontoh bagaimana perjuangan bangsa Inggris yang sebetulnya berasal dari bangsa kecil menjadi orang-orang hebat dan berpengaruh dari banyak aspek.

Penulis Fajar M


http://www.lonelyplanet.com/england/history
http://www.sejarah-negara.com/
www.rockinghamcastle.com (sumber gambar edited)
thegamechanger.newgrounds.com (sumber gambar edited)

0 Response to "Perjalanan Sejarah Negara Inggris di Britania Raya"