Mengenal Lebih Dekat Budaya dan Tradisi di Belanda

Tahukah anda ? Kerupuk juga dikenal di Belanda loh ! dan mereka mengenal ini sebagai produk impor dari Indonesia, seperti ditulis oleh Jeanette Peetsma.

Setiap bangsa atau negara pasti memiliki kebudayaan yang berbeda dengan bangsa lainnya. Bahkan jika di Indonesia, berdasarkan BPS ada 1.128 suku bangsa yang mendiami negeri ini. Namun bagaimana dengan negeri nan jauh disana ? Negeri ini memiliki wilayah lebih kecil dari Indonesia, namun dikenal sebagai negara penjajah. Sebenarnya, seperti apa sih kebudyaan di negara kecil namun
maju seperti Belanda ? Apa saja tradisi disana ?

Mari kita mengenal lebih dekat negeri kincir angin. Jangan dendam yah, Indonesiasudah merdeka ko. Orang-orang Indonesia juga banyak yang tinggal di Belanda sekarang, bahkan berada di urutan ke-4 bangsa yang paling banyak mendiami negeri tersebut. Mari kita explore !

1. Baju Adat

Tidak hanya di Indonesia, baju adat juga dikenal di Belanda. Meski negeri ini kecil, namun memiliki kostum daerah yang berbeda-beda. Rok hitam, dilucuti apron, selendang dan topi renda bersana dengan sepatu kayu (Klompen) meurpakan kostum  khas The Vollendame yang dianggap sebagai pakaian tradisional.

baju adat belanda

2. Agama

Secara umum, agama protestan dan katolik merupakan dua agama terbesar di Belanda. Berdasarkan data tahun 2003 sebesar 30% warga Belanda menganut Katolik dan 20% menganggap dirinya sebagai Protestan.  Kemudian, 6% lainnya menganut ajaran Islam, sementara sisanya yaitu 42% mengaku tidak mengikuti agama manapun.


3. Dutch Cuisine (Masakan Belanda)

Kentang rebus, sayuran dan pilihan daging merupakan jamuan tradisional yang umum di Belanda. Beberapa makanan dari Indonesia juga cukup populer, tulis Jeanette Peetsma. Sejarah makanan perkedel di Indonesia juga sebetulnya diperkenalkan oleh Belanda di masa penjajahan, hingga detik ini perkedel masih menjadi masakan para ibu rumah tangga termasuk ibu saya (hehe). Beberapa makanan khas Belanda diantaranya :
  • Poffertjes - seperti pancake mini yang disiram dengan taburan gula
  • Hagelslag - Ini sejenis taburan coklat yang umumnya dimakan bersama roti.
  • Muisjes - Adas manis dengan lapisan luar gula. 
  • Nasi Goreng (ini ditulis pake bahasa Indonesia loh sama Jeanette Peetsma), lanjutnya hidangan ini dipengaruhi Indonesia. Bakmi, adalah gaya lain tetapi memakai mie bukan beras.
  • Boerenkool - Tumbukan kentang rebus, sayur hijau semacam kangkung dan sosis Belanda. 
  • Kroketten - daging dilumuri pasta digulung diberi remah roti lalu digoreng. Nah masakan ini juga terkenal di Indonesia dengan nama Kroket dan lagi-lagi diperkenalkan oleh om penjajah.
  • Keropok (kroepoek) ini ditulis seperti ini loh. Kerupuk ini diimpor dari Indonesia. Cita rasa udang melekat pada kerupuk. Kerupuk ini merupakan makanan khas Asia Tenggara dan menurut Wikipedia selalu diasosiasikan makanan khas dari Indonesaia dan Malaysia.

masakan belanda Boerenkool
Boerenkool

4. Pendidikan

 Di Belanda Usia 4 hingga 12 tahun belajar di sekolah dasar yang masih sama. Kalau di Indonesia mungkin umur 5 tahun masa TK bukan SD. Pada usia 12 tahun, mereka akan diberi pilihan untuk masuk ke 4 jenis sekolah tinggi berdasarkan keterampilan dan minat mereka. 
  • VBO - lama pendidikan 4 tahun. 
  • MAVO - lama pendidikan 4 tahun, dikenal sebagai pendidikan menengah umum (mungkin semacam smp kah ? )
  • HAVO - lama pendidikan 5 tahun, ini meurpakan pendidikan menengah tinggi. Siswa disini dipersiapkan untuk level pendidikan vokasi (kejuruan). 
  • VWO - lama pendidikan 6 tahun, siswa dipersiapkan untuk masuk ke universitas.  

Leiden university
Leiden University - The oldest university in Netherland

5. Hari libur

- Tahun Baru (Nieuwjaarsdag) - tepat 1 Januari (bukan hari libur resmi)
- Senin Paskah (Tweede paasdag)
- Hari Sang Raja (Koninginnedag) - 27 April
- Dodenherdenking (semacam hari kenangan nasional) - 4 Mei (bukan liburan resmi)
- Bevrijdingsdag (Hari Pembebasan - 5 Mei (libur resmi hanya setiap 5 tahun sekali)
- dan sebagainya

Perayaan Koninginnedag
Koninginnedag Celebration 




Selain banyak budaya yang kita adopsi dari Belanda, budaya kita juga banyak dikenal disana. Maklum, seperti ada hubungan jas merah (jangan lupakan sejarah). Sekian mengenai artikel mengenal lebih dekat budaya dan tradisi di Belanda.

sumber :
http://www.pier21.ca/
en.wikipedia.org
commons.wikimedia.org (sumber gambar)
www.flickr.com (sumber gambar)

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Budaya dan Tradisi di Belanda"