6 Kota Paling Indah dengan Objek Wisata Menakjubkan di Spanyol

Tahukah anda ? Spanyol adalah negara maju dengan ekonomi terbesar ke-13 di dunia, serta standar hidup tertinggi ke-10 di dunia. Tidak heran, bila banyak kota tertata dengan baik dan indah. Spanyol juga memiliki cerita bernilai sejarah yang menarik, salah satunya mengenai perkembangan Islam yang dahulu sampai ke negeri ini. 

Hmm, berapa kota di Spanyol yang anda tahu ? Daripada penasaran, saya ulas 6 kota saja berdasarkan kategori terindah dan menakjubkan yang bisa anda kunjungi.

1. Granada

Terletak di kaki pegunungan Sierra Nevada Spanyol, kota Granada adalah ibukota provinsi Granada di wilayah Andalusia Spanyol. Rumah bagi benteng dongeng dengan istana Alhambra, sungguh membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pemandangan air mancur dan taman yang rimbun serta arsitektur hias yang sangat indah, istana Alhambra merupakan objek yang wajib anda kunjungi. 

Wisata Alhambra di Granada Spanyol

Anda dapat menghabiskan waktu santai di sore hari di antara gedung-gedung putih dari kota tua Muslim. Pemandangan ‘Sunset’ banyak menarik pengunjung ke Mirrador de San Nicolas, tempat terbuka beraspal dimana orang banyak berkumpul setiap sore-petang untuk menonton aksi cahaya merah Alhambra di bawah sinar yang dipantulkan dari matahari yang terbenam. 

2.   Bilbao

Sekilas, kota pelabuhan terbesar Spanyol ini tampaknya tidak banyak menawarkan daya tarik bagi anda, namun bila anda mau sedikit meluangkan waktu untuk mengintip ke bawah dari muka gedung-gedung industri Bilbao akan anda temukan hal menarik untuk dijelajahi. 

Daya tarik kota paling menonjol adalah Museum Guggenheim Bilbao, merupakan salah satu prestasi paling spektakuler dari Frank Gehry. Bangunan besar diselimuti titanium menjadi rumah bagi lebih dari 100 pameran seni modern. Cukup berjalan sebentar dari museum melalui jembatan Zubizuri yang futuristic bisa membawa pengunjung ke Old Quarter yang bersejarah, dimana terdapat beberapa gereja penting. 

wisata ke guggenheim museum di Bilbao spanyol

Katedral Santiago dipulihkan kembali seperti di 1300-an tahun lalu, dan menjadi contoh gaya arsitektur Gothic Revival.  Di dekatnya terdapat Basilica de Begona dari abad ke-16 yang memiliki beberapa lukisan skala besar oleh bintang Italia Luca Giordano.

3. Jerez de la Frontera

Banyak pengunjung datang ke kota Andalusia yakni Jerez del Frontera karena minuman anggur manisnya yang terkenal. Sejarah Jerez del Frontera merupakan sisa-sisa masa lalu yang tersebar di seluruh kota sejak hampir 3000 tahun. Salah satu daya tarik kota tersebut adalah Alcazar, sebuah benteng Moorish yang dibangun pada tahun 1255. Kompleks ini memiliki sebuah mesjid, kamar mandi khas Arab dan kebun yang indah. 

wisata ke alcazar di jerez de la frontera spanyol


Jerez de la Frontera juga memiliki museum dengan berbagai tema seperti museum jam, museum flamenco dan satu lagi adalah wilayah dengan anggur berkualitas. Old Quarter terkenal dengan kapel-kapel Mudejar dan museum arkeologinya. 

4. Barcelona

Ibukota Catalonia merupakan sebuah kota kosmopolitan di pantai Mediterania, dengan sejarah kuno Barrio Gotico yang merupakan situs asli kota Romawi. Barcelona menjadi magnet bagi kehidupan di malam hari dan gaya hidup berbelanja.

la rambla di barcelona spanyol

Beberapa objek destinasi yang tidak boleh dilewatkan diantaranya Katedral La Sagrada Famili dan Parc Guell, Museum Picasso sertanya Joan Miro Foundation. Disini juga terdapat beberapa toko dan bar besar di sisi jalan yang dikenal dengan Las Ramblas. Anda juga bisa pergi ke resor pantai atau ke Taman Nasional Monserrat. 

5. Seville (Sevilla)

Sevilla dimana anda bisa menemukan 3 Situs Warisan Dunia UNESCO, diantaranya Istana Reales Alcazares, Katedral (banyak peninggalan Christopher Columbus) dan Arsip Jenderal Hindia Belanda. 

festival feria de abril di spanyol daya tarik wisata

Mengintip ke dalam halaman kecil dimana banyak bugenvil berjatuhan serta percikan air mancur. Bila anda berkunjung di bulan April, anda akan disuguhi dengan tontonan ‘feria de abril’, festival yang berlangsung selama seminggu di tepi sungai Guadalquivir. Sevillanos dari segala usia, mengenakan riasan flamenco, berjalan-jalan di sekitar atau sambil menaiki kuda, sungguh menasyikan.

6. Valencia

Valencia selalu menjadi salah satu kota paling penting di Spanyol. Anda bisa melihat arsitektur futuristic komplek kota seni dan ilmu pengetahuan yang baru. Anda juga akan menikmati atmosfer Barrio del Carmen yang merupakan bagian tercantik dari kota ini.

wisata ke city of arts valencia di spanyol

Museum of Fine Arts di Valencia merupakan rumah koleksi yang luar biasa, seperti karya Goya, Velazzquez dan El Greco. Didirikan pada tahun 1567, kebun raya yang indah di Universitas Valencia juga beigtu mengesankan dan wajib anda kunjungi. 


Itulah beberapa kota terindah dan memiliki objek wisata menakjubkan. Silahkan berkunjung ke kota-kota tersebut. 

Pustaka :
www.escapehere.com/
www.expatica.com/
id.wikipedia.org
en.wikipedia.org (gambar)
no.wikipedia.org (gambar)
www.flickr.com (gambar)

1 Response to "6 Kota Paling Indah dengan Objek Wisata Menakjubkan di Spanyol"

Irwin Andriyanto mengatakan...

ko gak ada Alay-Alay yah :D