Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Sosial Sehari-hari di Perancis

Kehidupan Sehari-hari di Perancis keluarga
Seperti masyarakat Eropa pada umumnya atau gaya hidup orang barat, kehidupan di Perancis tidak jauh berbeda. Sebuah rumah akan dihuni oleh ibu dan ayah serta anak atau ditambah kakek-nenek, ini
merupakan hal yang normal. Pada umumnya, seorang ayah akan bertugas mencari pekerjaan guna menafkahi keluarga, sementara seorang ibu mengurus pekerjaan rumah dan mendidik anak. Namun, semua ini berangsur mengalami perubahan sejak adanya gerakan kesetaraan gender oleh kaum perempuan sekitar tahun 1970. Sejak saat itu, seorang ibu bebas melakukan apapun yang dilakukan seorang ayah, seperti bekerja dan sebagaianya.

Sejak akhir tahun 1960 atau awal 1970, pola hidup keluarga di Eropa khususnya Perancis mengalami perubahan :

1. Penurunan jumlah pernikahan
2. Peningkatan hubungan tanpa pernikahan (cohabit)
3. Peningkatan jumlah perceraian
4. Penurunan jumlah kelahiran anak
5. Kenaikan jumlah keluarga dengan orang tua tunggal
6. Peningkatan jumlah orang yang hidup sendirian

Penundaan pernikahan pada pasangan muda sudah lazim di Perancis, mereka mungkin akan terlebih dahulu memiliki anak baru kemudian menikah. Di Perancis perempuan yang menikah pada usia 15 tahun harus memperoleh kesepakatan dari orang tua, sementara di usia 18 tahun mereka diberi legalitas penuh untuk menikah.

Rutinitas Keseharian

Kehidupan Sehari-hari di Perancis-anak anakOrang Perancis biasanya akan memulai hari mereka sekitar puku 7 pagi. Mereka sarapan dengan segelas kopi atau teh, sereal, roti yang dimentegai + selai serta jus buah. Sang ibu akan mengantar anaknya pergi ke sekolah lalu berangkat kerja dan seorang ayah akan langsung pergi ke kantor.

Sebagian besar wanita di Perancis adalah wanita karir, memiliki kesibukan yang amat banyak sehingga anak-anak kadang makan malam di sekolah. Banyak orang tua di Perancis yang menggunakan jasa penitipan anak sekolah atau menyewa pengasuh untuk mengurus anak, khususnya ketika jam kerja tidak sesuai. Pukul setengah 9 malam anak-anak biasanya diharuskan pergi tidur.

Kehidupan Kota dan Negara

Berpenduduk 61 juta jiwa membuat Perancis menjadi negara dengan populasi tertinggi di Eropa. Sekitar 44,2 juta orang berada di daerah perkotaan (75,5%). Diperkirakan, setiap ada 10 orang maka 2 diantaranya adalah tinggal di Kota Paris. Padahal Paris bukanlah kota terbesar, masih kalah dengan Lyon, Marseille dan Lille.

Orang-orang di Perancis menganggap bahwa memiliki mobil adalah sebuah keharusan. Setidaknya mereka akan memiliki satu buah mobil untuk bepergian ke kota. Hidup kedaerahan hampir sulit ditemukan disini, anak-anak bahkan harus berangkat sekolah ke kota begitu juga orang tua mereka yang bekerja. 

Usaha-usaha kecil (kalau di Indonesia UMKM) sudah menghilang, yang ada hanyalah mal-mall yang berkembang hingga ke desa. Fasilitas publik yang modern memang mudah diakses, sekitar 90% dari penduduk Perancis dapat mengaksesnya hanya sekitar satu jam dari rumah mereka.
Begitulah di negeri ini hidup serba modern.

Hiburan dan Aktivitas di Waktu Luang 

Kehidupan Sehari-hari di Perancis-anak bermain video games
Pergi ke kolam renang, perpustakaan, belanja, menonton acara, main game adalah cara mereka menghabiskan waktu luang. Banyak anak muda sangat gila dengan game-game terbaru dan dunia maya. Ini sebetulnya sangat disayangkan, karena mereka menjadi kehilangan gagasan realitas sehari-hari dan hilang kontak dengan dunia luar. Ini bahkan bisa berakibat pada sifat egois yang mungkin tumbuh.

Di sisi lain remaja perempuan lebih tertarik dengan aktivitas seperti karaoke-an. Selebihnya, di waktu libur mereka juga sewaktu-waktu pergi ke pantai/laut atau gunung menikmati liburannya. Beberapa warga juga ada yang hanya tinggal di rumah.

Nilai-nilai dan Cara Berpikir Orang Perancis.

Sejarah dan budaya yang kaya merupakan warisan terbesar Perancis. Kesalahan orang Perancis adalah berlebihan dalam mencintai negara mereka. Itulah yang kadang membuat mereka hanya memiliki sedikit kepedulian terhadap negara-negara asing.

sikap ladies first di perancis Meskipun Perancis adalah negara yang modern, mereka tetap masih sangat tradisional dalam cara berpikir. Hanya saja, Perancis bertentangan dengan negara Eropa lain soal kaum Gay, sejumlah politisi masing terus berjuang menolak serikat kaum Gay.

“Ladies first” juga melekat disini. Seorang pria akan selalu membiarkan pasangannya berjalan lebih dulu, apalagi ketika hendak memasuki pintu. 


Nah sekarang kita sudah mengenal lebih dekat kehidupan di Perancis, ya setidaknya ada gambaran bila sewaktu-waktu anda berlibur atau kuliah di Perancis. 

Fajar M

Pustaka :
http://elib.kkf.hu/
www.flickr.com (sumber gambar)
commons.wikimedia.org (sumber gambar)

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Sosial Sehari-hari di Perancis"