Bagaimana sih Budaya Hidup di Spanyol ? Yuk Kita Telusuri Lebih Dekat

Sebelumnya, mari kita telusuri aktivitas sehari-hari Andrea Crespo, seperti dikutip dari timeforkids.com !
“ Saya Andrea Crespo, usia saya 11 tahun. Saya tinggal di Madrid dengan ibu dan nenek. Saya mempelajari bahasa Inggris dan bahasa Spanyol di sekolah.”
Jam 8 pagi ibu biasanya membangunkan saya, lalu saya menonton TV sekitar 30 menit. Saya sarapan pagi dengan cereal dan susu. Kadang juga ada kue-kue dan susu coklat. Setelah itu, saya mandi dan menyikat gigi serta berpakaian.

Jam 9 pagi. Saya diantar ibu ke sekolah dengan berjalan kaki, hanya butuh 15 sampai 20 menit untuk sampai. Kadang kami juga naik bus yang berhenti diluar pagar. Sebelum waktu masuk, saya biasanya bermain di halaman sekolah dulu bersama teman-teman.
kehidupan anak anak di spanyol
Jam 9.30 pagi. Ada 29 siswa di kelas saya. Guru kelas saya adalah Miss Elvira yang mengajari bahasa Spanyol. 

Jam 11-11.30 pagi. Ini adalah waktunya istirahat, saatnya keluar dan bermain. Sebagian siswa ada yang makan snack. Setelah istirahat kita masuk lagi untuk belajar bahasa Spanyol. Tapi tergantung harinya, mungkin juga belajar sejarah atau geografi.

Jam 12.45 siang. Waktunya makan siang, secara bergantian/shift. Makanan disini tidak terlalu buruk. Hari ini ada daging ayam dengan pasta, hamburger, kentang dan salad. Untuk pencuci mulut, kami punya buah-buahan, yoghurt dan kue-kue kering.

Jam 1.05 siang. Setelah makan siang, kita bermain diluar. Saya suka bermain bola dan basket. Sebagian besar teman saya adalah laki-laki.

Jam 2.30 siang. Kita kembali ke kelas dengan mata pelajaran bahasa Inggris. Di Hari Jumat, kita belajar seni, saya cukup menikmatinya. Saya ingin jadi desainer atau animator kartun bila dewasa kelak.

Jam 4.45 sore. Ibu menjemput saya ke sekolah dan kami pulang ke rumah berjalan kaki. Sewaktu-waktu kami pergi ke sports center, dimana saya bisa bermain bola, basket dan rugby atau baseball.

Jam 7 malam. Di hari ketika ke sports center, saya pulang telat. Diluar itu biasanya jam 5.30 sore. Setelah mengerjakan tugas (PR), saya mandi. Untuk makan malam, saya biasanya menyantap ham sandwich atau omelette. Saya suka makan sambil menonton TV.

Jam 10 malam. Ini waktunya pergi tidur. Di akhir pekan, saya bisa agak bergadang.

Andrea merupakan siswa berusia 11 tahun, kita bisa melihat budaya keseharian anak-anak Spanyol dari ceritanya diatas. Sepintas memang tidak jauh berbeda, yang paling menonjol mungkin soal menu makanan, tapi di Indonesia anak-anak biasanya bangun lebih pagi antara jam 5 atau 6 karena harus masuk sekolah pukul 7.

Pernikahan dan Hubungan Keluarga di Spanyol

kehidupan pernikahan di spanyol
Seperti di negara lainnya, Spanyol dewasa ini telah menghilangkan gagasan pernikahan berdasarkan perjodohan. Tapi ikatan pernikahan tradisional tidak dapat rusak dan masa berpacaran membantu para pasangan menemukan kompatibilitas sebelum akhirnya menikah. Perceraian di Spanyol pun
sekarang diizinkan.

Kebanyakan orang Spanyol tinggal di sebuah rumah sebagai keluarga inti dari orang tua dan anak-anak yang belum menikah, dan ini dianggap ideal disana. Tentu saja ini bersebrangan dengan budaya di Timur. 

Kilas Kehidupan di Spanyol

Soal makan, tidur, dan jadwal kerja di Spanyol dalam hal yang sangat umum cukup berbeda dari negara-negara Eropa dan AS. Contohnya, restoran buka untuk makan siang pukul 1.30 siang, waktu makan malam pukul 9 malam atau lebih lambat. Prime time TV disana dimulai pukul 10 malam. 

Etika di Spanyol

Ketika anda diperkenalkan dengan orang lain, maka anda harus berjabat tangan. Setelah kenal cukup lama, mungkin para pria akan merangkul dan menepuk bahu satu sama lain ketika bertemu.  Orang-orang sering disebut sebagai Don atau Dona lalu diikuti oleh nama pertamanya (first name) ketika di acara formal sebagai aturan umum.

Bila anda diundang ke rumah orang Spanyol, anda bisa membawa coklat, kue-kue atau anggur serta bunga untuk pemilik rumah. Ini merupakan etika ketika diundang makan oleh orang.
Ada etika atau sopan santu ketika berada di meja makan. Umumnya bila bertamu untuk makan bersama, anda harus makan dengan garpu dan pisau bahkan untuk buah sekalipun.


Banyak sekali yang bisa kita pelajari mengenai budaya hidup di Spanyol. Semoga bisa menambah wawasan anda sebagai wisatawan agar mengetahui gambaran umum di Spanyol.

pustaka
www.timeforkids.com
www.spanishunlimited.com/
www.everyculture.com/
www.kwintessential.co.uk/
www.flickr.com (sumber gambar)
www.pexels.com (sumber gambar)

0 Response to "Bagaimana sih Budaya Hidup di Spanyol ? Yuk Kita Telusuri Lebih Dekat"