Makanan Perancis yang Patut Dicoba Wisatawan

Kelezatan makanan Perancis sudah dikenal meski tergolong rumit dan menantang. Catatan sejarah menjelaskan bahwa masakan Italia berperan terhadap budaya masakan Perancis mulai abad ke-15. Pada perkembangannya masakan Perancis memiliki inovasi dan cita rasa yang berbeda dengan masakan Italia. Namun, tetap saja masa-masa tersebut sangat mempengaruhi budaya masakan di Perancis.

Tahukah anda ? bahwa UNESCO telah menghargai masakan Perancis sebagai Warisan Budaya Dunia pada tahun 2010 di Kenya. Hal ini diputuskan karena keanekaragaman masakannya dan dikatakan bahwa kita akan memahami Perancis dengan mempelajari masakannya. 

Beberapa kategori masakan Perancis diantaranya Cuisine bourgeoise (makanan klasik), Haute cuisine (masakan agung), Cuisine nouvelle (masakan baru), dan Cuisine du terroir (makanan sajian khas daerah).

Namun kali ini kita tidak akan membahas makanan-makanan Perancis berdasarkan kategori tersebut. Pada artikel ini akan dibahas makanan-makanan ala Perancis yang paling Top dan wajib dicoba oleh para pelancong. Berikut ini 7 Contoh Masakan atau Makanan Perancis tersebut :

1. Flamiche

Flamiche berarti kue di Flemish dan berasal dari Perancis Utara, tepatnya dekat perbatasan dengan Belgia. Flamiche adalah kulit/kerak pie yang diisi dengan sayuran dan keju, namun dalam resep klasik isiannya terdiri dari daun bawang. Anda bisa mencobanya dengan menambahkan jamur dan artichoke atau bisa dengan daun bawang dan tarragon.

Makanan Perancis Flamiche


2. Confit de Canard

Makanan ini terbuat dari kaki bebek. Bebek confit adalah makanan Perancis dimana persiapan dagingnya memakan waktu hingga 36 jam. Daging bebek lembut dicampur dengan garam, bawang putih dan thyme (semacam tumbuhan pengharum makanan). Kemudian, umumnya digoreng atau dipanggang dan disajikan dengan kentang bakar serta bawang putih disampingnya.
Makanan Perancis Confit de Canard


3. Bouillabaisse 

Ini adalah sup ikan. Ini merupakan resep tradisional yang paling terkenal dari Provence. Berasal dari Marseille, dan banyak orang membuatnya. 
Makanan Perancis Bouillabaisse


4. Ratatouille

Makanan ini bisa disajikan sebagai lauk, sebagai makanan lengkap atau sebagai isian untuk hidangan lain seperti crepes dan omelet. Ini dimasak dalam panci dengan panas yang tinggi. Bahan-bahannya terdiri dari tomat, bawang merah, bawang putih, zucchini, terong, wortel, paprika, basil, marjoram, thyme dan tumbuhan hijau lainnya.

Makanan Perancis Ratatouille


5. Tarte Tatin

Ini merupakan pai apel yang dibuat karena kesalahan pada tahun 1898 oleh Stephanie Tartin. Dia tengah mencoba untuk membuat pai apel tradisional. Beruntungnya ia tidak sengaja membiarkan apel dalam gula dan mentega di panci terlalu lama. Terburu-buru, ia pun berupayan menyelamatkan makanan ‘desert’nya, ia meletakkan dasar pastry (kue kering) di atas buah yang terpanggang, lalu menempatkan panci dalam oven. Ternyata hasilnya tidak mengecewakan.
Makanan Perancis Tarte Tatin

7 Salade Nicoise

Makanan ini adalah khas Perancis yang terbuat dari daun selada, tomat segar, telur rebus, ikan tuna kaleng, Nicoise Cailletier zaitun dan ikan kecil (asin). Ini merupakan makanan pembuka yang menyegarkan untuk dijadikan “lunch” di Perancis. 

Makanan Perancis Salade Nicoise

Nah, itulah 7 makanan atau masakan Perancis yang patut dicoba wisatawan. Tentu cita rasa ini hanya akan anda temukan di negeri Napoleon Bonaparte tersebut. Rasanya jadi bikin laper ya guys !  

Fajar M

Pustaka :
http://www.expatica.com/fr/insider-views/Top-10-French-foods-with-recipes_106720.html
http://www.traditionalfrenchfood.com/famous-french-food.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Masakan_Perancis
 de.wikipedia.org (sumber gambar)
en.wikipedia.org (sumber gambar)
commons.wikimedia.org (sumber gambar)
www.flickr.com (sumber gambar)

0 Response to "Makanan Perancis yang Patut Dicoba Wisatawan"